Jumat, Mei 15, 2015

Informasi

Mungkin segala kebiasaan yang menjadi tradisi di masyarakat Indonesia terjadi karena kurangnya pengetahuan (kurang baca? kurang waktu? gak punya prioritas buat mencari tahu?). "Siapa yang wajib memberikan informasi?" pertanyaan ini sering melintas dalam pikiran saya. Saat ini saya dapat menjawab : "Pihak yang punya kewajiban memberi informasi adalah negara dan media massa. Perlu digaris bawahi kalau meski informasi uda disediakan masyarakat juga harus aktif mengakses, harus mau tahu, harus banya protes kalau info yang hadir gak berguna atau ditunggangi kepentingan sekelompok orang. Namanya negara demokrasi yah mungkin harus mengikuti kaum mayoritas, tapi media massa harus memberi ruang ke kaum minoritas juga- itu wajib"

Hal yang membuat saya kecewa adalah media televisi terutama yang dimiliki swasta cenderung mememntingkan sisi rating - tidak bisa dipungkiri jika tujuan media swasta juga mencari keuntungan,  Begitu saya nyalain TV isinya sinetron manusia yang berubah jadi hewan, acara musik yang celetukan presenternya banyakan menghina daripada mendidik, infotainment yang mengotak-atik pernikahan artis, dan sebagainya. Saya sadar membuat acara yang menarik dan mendidik sulit tapi sepertinya masyarakat juga harus dipaksa dengan informasi yang mendidik ketimbang menghibur. Saya juga sempat mikir kayaknya di TV perlu ada sosialisasi tentang jaminan sosial misalnya acara yang mensosialisasi jaminan kesehatan. sekolah gratis, cara mengurus kartu identitas tapi dibungkus dengan cara yang menghibur saya yakin orang kreatif bisa membuat acara yang berisi informasi berisi kepentingan untuk masyarakat luas menjadi menarik. Atau pemerintah bisa menyediakan acara khusus sosialisasi jaminan sosial? *Kalau ada teman yang baca dan bekerja di media massa boleh loh brainstroming gimana membungkus acara sosialisasi jaminan sosial jadi menarik*

Saya sendiri bukan tipe manusia yang rajin baca buku (kecuali sebelum ujian). Sejak SD setiap ulangan pasti menghafal dan rasanya males. Tapi semenjak SMP dan SMA saya sadar tujuan saya membaca bukan buat menghafal saja tapi mengerti dan merealisasikannya di kehidupan nyata. Awal tahun ini saya juga mulai rutin belanja buku baru entah tentang motivasi, sejarah, atau sastra 'yang agak berat'. Saya sengaja memaksa diri buat baca buku yang udah saya beli sampai saat ini bisa dirata-rata saya cuma baca 3 buku sebulannya, itu sudah termasuk cerita fiksi hhe...

Tapi menurut pendapat saya yang orang yang cerdas itu bukan cuma orang yang baca buku tapi orang yang paham makna tulisan yang dia baca kemudian mengaplikasikan nilai-nilai positif dari apa yang dia baca sehingga berpengaruh bagi masyarakat luas. Beneran deh rasa ingin tahu itu mungkin harus dipaksakan dan pasti akan ada hasilnya dari rasa tahu itu.

Menurut beberapa perbincangan saya dengan orang-orang yang sering membaca (bahkan mereka gak menyebutkan hobi mereka membaca), saya dapat merasakan perbedaan antara orang yang cerdas dengan orang yang sok cerdas yaitu SIKAP (entah itu rasa toleransi, tanggung jawab, cara mereka menyelesaikan masalah, cara mereka mengkritik orang lain, hingga cara mereka saat berdiam diri).

Saya kagum dengan orang-orang yang ingin tahu dengan cara positif seperti membaca (tentunya dari sumber yang terverifikasi dan sudah ada izin - atau bahkan tulisan kreatif) . Semoga rasa ingin tahu saya juga terus ada dengan banyak belajar seperti mereka.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar