Senin, Mei 17, 2010

Ilmu dari BlackBerry


Melihat begitu banyak cerita yang ada di BlackBerry saya maka saya mencoba menulis beberapa sharing yang pernah saya baca, kondisi mental setiap orang yang berbeda maka saya mencoba memberikan cerita dan bagaimana cara mengatasi pikiran negatif dari alam bawah sadar manusia. Berikut beberapa tips untuk menghadapi berbagai masalah kehidupan,nah ini dia salah satu ilmu yang saya dapat dari keluarga BBMers saya yaitu confidence (Percaya diri) dan cara rileks.
Banyak orang disekitar saya yang memiliki rasa percaya diri yang sangat kecil sehingga dia kurang dapat menghadapi suatu hal yang ada di depannya, sulit untuk menyampaikan pendapat apalagi bebrbicara di depan umum. Langkah untuk mengekspresikan Percaya Diri yaitu:
1. Memiliki citra diri yang positif. Hal ini merupakan hal yang paling penting, karena kalau kita gak punya ini, yang namanya percaya diri itu hanya 'kamuflase' , Citra diri yang posiutif, kana memancarkan persona kepribadian kita. Caranya pandang diri kita sebagai orang luar biasa yang diberikan banyak karunia oleh Tuhan, jangan memandang diri kita sebagai apa yang orang katakan kepada kita apalagi hal-hal yang membuat kita down dan merasa tidak berguna
2. Berjalanlah dengan penuh keyakinan. Cara berjalan kita menunjukan sikap mental kita, berjalan dengan lemas, pundak turun, kaki diseret seperti orang yang tidak punya harapan dan pesimis. Sebaliknya, ekspresi dengan berjalan lebih cepat, postur tubuh yang tegap dan melangkah mantab akan menimbulkan kesan semangat dan orang yang melihat kita berjalan pun akan ikut semangat.
3. Jika berkenalan dengan orang baru, berjabat tanganlah dengan hangat. Kalu salaman mbo yang mantab, erat tapi gak perlu sampai diremes tapi tunjukan keyakinan dan sikap welcome pada orang yang kita ajak berjabat tangan tersebut.
4. Nada bicara kita harus diatur dan lafal nya usahakan yang jelas
5. Tersenyumlah Ini PALING PENTING BANGET, KALAU AJA SETIAP SAAT KITA BISA TERSENYUM MAKA TENTUNYA HIDUP AKAN LEBIH INDAH DAN DAMAI DONKS,
6. Tatapan mata. Sata berbicara dengan orang lain pandanglah mata orang tersebut karena dengan memandang mata orang twersebut maka kita menunjukan perhatian dan kepedulian, tapi jangan menatap terlalu lama yah nanti orang yang kita tatap GR lagi atau disangka mau menghipnotis lagi, hehe..
7. Bersikaplah antusias. Yakinlah bahwa setiap usaha yang kita lakukan selalu ada Tuhan yang membantu kita, asal perbuatannya positif loh pastinya!



Ada satu sharing dari teman saya juga yang bagus banget yaitu tentang Management Stress, banyak orang yang mengira yang bisa di manage itu adalah keuangan dan waktu tapi kali ini saya belajar juga tentang management stress. Stress merupakan hal yang pernah dialami oleh semua orang jika sedang terjepit banya kepentingan.
Namun stress itu dapat dibagi menjadi dua yaitu STRESS POSITIF(EUSTRESS) dan STRESS NEGATIF(DISTRESS).
STRESS POSITIF= PERASAAN STRESS TERSEBUT MENDORONG SESEORANG UNTUK TERUS MENCAPAI GOAL ATAU TUJUAN HIDUPNYA,
STRESS NEGATIF= STRESS TERSEBUT MEMBUAT KITA DOWN DAN BAHKAN BERHENTI BERJUANG.
Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mengendalikan stress yang negatif tersebut . Tips untuk lebih rileks:
1. Tidur lebih awal, bangun lebih awal dan jangan paksakan bekerja atau mengerjakan sesuatu jika pikiran tidak tenang. Nah kalau bisa nih sebelum tidur itu suasana kamar yang nyaman plus dengan lampu yang redup jadi bisa cepet tidur, apalagi kalau di tambah dengan alunan musik yang bikin tenang , bisa cepet tidur tuh.
2. Luangkan waktu pada diri sendiri koreksi apa kesalahan dan juga kembalikan semanagat dan percaya diri agar setelah meluangkan waktu tersebut kita lebih positif. Caranya misalnya berdiri didepan kaca dan tanya dalam hati hal apa yang membuat stress dan cari tahu apa yang membuat kita merasa tidak nyaman. Setelah itu cobalah memasukan pikiran-pikiran positif dan ingatlah semua yang kita kerjakan selama ini tidak pernah sia-sia.
3. Selanjutnya kalau masih ada waktu bacalah cerita humor yang bisa membuat kita tertawa terpingkal-pingkal dan melepaskan beban pikiran .
4. Bernafaslah pelan-pelan. Dengan mengatur nafas oksigen yang masuk keotak akan lebih banyak sehingga kita dapat berpikir dengan lebih rileks dan bisa menenangkan diri dari semua tekanan kehidupan.
5. Lakukanlah olah raga ringan yang membuat aliran darah lebih lancar, sebenarnya lebih bagus lagi kalau olahraga bersama teman-teman atau kalau memang olahraga sendiri yah cari olahraga yang gak bikin capek gtu, olahraga yang saya sarankan misalnya berenang atau yoga atau berjalan kaki atau apasajalah yang penting bebas beban pikiran.



So keep the trouble simple, "don't sweat the small stuff and it's all small stuff"- Richard Carlson. SEMANGAT!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar